fbpx

Cara Expor Produk Kayu Jati ke Luar Negeri

Mampu menjual produknya ke pasar global merupakan impian bagi setiap pengusaha. Mengembangkan bisnis tidak hanya di dalam negeri bukan hanya sekedar mimpi, jika pengusaha memahami prosedur dan syarat-syarat yang dibutuhkan. Berikut cara expor produk kayu jati.
Produk kayu ekspor misalnya, merupakan salah satu komoditas yang secara keseluruhan nilainya terus meningkat. Seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, permintaan akan komoditas ini terus melonjak. Bagi pengusaha kayu yang ingin mencoba membuka pasar ke luar negeri, beberapa hal perlu diperhatikan.
Cara Mengekspor Produk Kayu Jati ke Luar Negeri
Cari tahu produk kayu olahan apa yang dibutuhkan konsumen
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengusaha yang ingin mengekspor produknya adalah mencari tahu pasar. Lakukan survei dan gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis produk yang diinginkan pasar.
Hal ini dimaksudkan agar produk yang ditawarkan lebih tepat sasaran dan menemukan konsumen dengan cepat.
Carilah pembeli dan pemasok yang kredibel
Setelah mengetahui produk apa yang akan ditawarkan, selanjutnya pengusaha harus mencari buyer dan supplier yang akan memasarkan produk tersebut ke luar negeri. Salah satu cara mencari supplier adalah melalui rekomendasi dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) atau asosiasi industri produk terkait agar lebih aman dan terpercaya.
Di sisi lain, carilah juga buyer atau importir yang juga aman dan kredibel, melalui jaringan perbankan atau ASEI, sebagai perusahaan asuransi yang memiliki core bisnis Asuransi Perdagangan, baik Domestik maupun Ekspor dan Impor. Dalam proses pengecekan ini, harus dipastikan bahwa pembeli atau importir tersebut memiliki catatan dan rekam jejak yang baik, tujuannya untuk menjamin keamanan transaksi dan pembayaran.
Pastikan sistem pembayarannya jelas dan aman

Langkah ketiga setelah mengetahui jenis produk yang dibutuhkan dan menemukan supplier dan pembeli adalah menentukan sistem pembayaran yang akan digunakan. Perhatikan apakah pembayaran menggunakan Letter of Credit (LC) atau Telegraphic Transfer. Jika Anda memilih LC, pastikan untuk mengecek keabsahan LC di bank yang ditunjuk sebelum memproses pesanan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top